Cara Mudah Mengatasi Telapak kaki dan Tangan yang Sering Kapalan






Pernahkah kamu mengalami penebalan kulit di bagian tangan atau kaki? Penebalan kulit dibagian tangan atau kaki itulah yang disebut kapalan atau callus. Tentu kamu merasa sedikit tidak nyaman dengan kondisi seperti ini. Selain itu sensivitas terhadap sentuhan juga berkurang.

Penebalan yang terjadi dibagian kaki, tumit, telapak tangan dan jari biasa disebut dengan kapalan. Kapalan biasanya disebabkan oleh gesekan atau tekanan yang terjadi secara berlebihan.

Misalnya, ketika sedang berjalan tanpa alas kaki di tempat yang lumayan panas, setelah ditempat yang biasa kaki anda akan terasa menebal. Atau biasanya pada jari yang terjadi akibat menulis dengan tangan yang terlalu mencengkram pensil atau bulpoin dengan keras.

Gejala umum yang sering terjadi ketika mengalami kapalan adalah terjadi penebalan pada sebagian kulit dan terasa sedikit kasar. Lalu biasanya jika disentuh terasa mengeras. Lama-kelamaan kulit akan menebal dan akhirnya pecah-pecah.

Ada banyak cara mengatasi kulit yang kapalan. Biasanya jika kamu pergi ke dokter, maka dokter tersebut akan bagian kulit yang menebal dan mengeras. Hal tersebut dilakukan untuk menurunkan tekanan pada jaringan dibawah kulit yang mengeras.

Selain ke dokter, kamu juga dapat mengurangi resiko kapalan dengan rajin mencuci kaki dan tangan lalu kemudian mengoleskan pelembab. Supaya kaki atau tangan terjaga kelembapannya, agar tidak mudah terjadi kapalan.

Banyak orang juga ada yang menggunakan cara tradisional. Salah satunya dengan mengoleskan perasan jeruk atau lemon pada kulit yang kapalan ramuan alami ini dipercaya dapat mengikis kulit yang mengalami kapalan.
Previous
Next Post »